Susunan Lagu dalam MISA / PEMBERKATAN Pernikahan Katolik

Mar 1st, 2013 | By | Category: News

Angelii Vox Choir | Paduan Suara Pernikahan

Pra Misa
Nyanyian sebelum perayaan perkawinan yang bertujuan menciptakan suasana sakral dan menghantar umat dalam mempersiapkan hati mengikuti perayaan perkawinan.

Pembukaan/ Prosesi Masuk
Nyanyian Pembukaan, tujuannya adalah membuka misa, membina kesatuan umat yang berhimpun, mengantar masuk ke dalam misteri masa liturgi atau pesta yang dirayakan, dan mengiringi perarakan imam beserta rombongannya (Pedoman Umum Misale Romawi baru / PUMR no. 47-48).

Dalam upacara pernikahan, juga bertujuan mengiringi mempelai masuk menuju ke altar. Sebaiknya memilih lagu yang bertemakan penyerahan diri kepada Allah.

Kyrie /Tuhan Kasihanilah Kami
Nyanyian Tuhan Kasihanilah Kami (Kyrie) sifatnya adalah berseru kepada Tuhan dan memohon belaskasihannya.

Antar Bacaan / Mazmur Tanggapan
Dalam Buku Tata Perayaan Perkawinan (TPP) 2011, menyarankan pada bagian antar bacaan ini menggunakan nyanyian mazmur tanggapan seperti misa pada hari Minggu. Tetapi pada beberapa gereja masih memperbolehkan bagian antar bacaaan menggunakan nyanyian antar bacaan.

Mazmur Tanggapan memiliki makna liturgis serta pastoral yang penting karena menopang permenungan atas Sabda Allah (Bacaan I dari Kitab Suci Perjanjian Lama). Mazmur Tanggapan biasanya diambil dari buku Bacaan Misa (Lectionarium), para petugas / pemazmur biasanya menggunakan buku resmi “Mazmur Tanggapan dan Alleluya Tahun ABC”.

Doa Restu
Nyanyian yang mengiringi mempelai memohon restu pada kedua orang tua. Disarankan lagu yang bertema ucapan terima kasih atau penghargaan kepada orang tua.

Persembahan
Nyanyian Persembahan tujuannya untuk mengiringi perarakan atau persiapan persembahan, maka digunakan nyanyian dengan tema persembahan. (PUMR no.74).

Sanctus/ Kudus
adalah nyanyian partisipasi umat dalam Doa Syukur Agung.

Bapa Kami /Pater Noster
Nyanyian Bapa Kami tujuannya untuk mohon rezeki sehari-hari (roti Ekaristi), mohon pengampunan dosa, supaya anugerah kudus itu diberikan kepada umat yang kudus. Teks Bapa Kami harus diambil dari buku teks misa resmi (TPE) bukan dari teks yang asal-asalan atau teks liar (PUMR no. 85)

Agnus Dei/ Anak Domba Allah
Merupakan nyanyian persiapan untuk menyambut Tubuh Kristus.

Komuni
Nyanyian Komuni tujuannya agar umat secara batin bersatu dalam komuni juga menyatakan persatuannya secara lahiriah dalam nyanyian bersama, menunjukkan kegembiraan hati, menggarisbawahi corak “jemaat” dari perarakan komuni. Maka lagu komuni harus bertemakan komuni / tubuh dan darah Kristus, tidak boleh menyanyikan lagu untuk orang kudus / Maria, Tanah Air, panggilan – pengutusan, atau yang lain (PUMR no. 86)

Tanda Tangan Akta
Nyanyian yang mengiringi mempelai, saksi dan Romo melakukan penandatanganan surat nikah gereja

Lagu Maria
Nyanyian yang mengiringi mempelai berdua beserta keluarga berdoa dan mempersembahkan bunga dan lilin kepada bunda Maria.

Penutup
Nyanyian Penutup Sebagai nyanyian penutup rangkaian liturgi, bertujuan untuk mengantar imam dan para petugas meninggalkan altar dan menuju ke sakristi.

Sesi Foto
Nyanyian-nyanyian yang mengiringi sesi foto mempelai, keluarga dan undangan. Lagu – lagu selain lagu liturgi diperbolehkan pada sesi foto.

Notes :

Daftar lagu-lagu pernikahan yang sering dibawakan oleh Angelii Vox Choir dapat dilihat pada halaman Lagu Pernikahan Gereja.

Recent Posts

Comments are closed.